Kamis, 15 November 2012

Soal UTS untuk Mahasiswa STAIDA Muhammadiyah Garut

MK. Pendidikan Nilai dan Pengembangan Kepribadian
  1. Kemukakan pengertian nilai dan kepribadian menurut para ahli serta hubungan antara keduanya menurut Spranger!
  2. Uraikan elemen dan struktur kepribadian menurut Elizabeth B. Hurlock dan implikasinya terhadap pendidikan nilai!
  3. Uraikan karakteristik kepribadian sehat dan cara mengembangkannya!
  4. Kemukakan lima metode pendidikan nilai disertai langkah masing-masing untuk mengembangkan lima akhlakul karimah (ikhlas, sabar, jujur, berani, dan rendah hati)!
  5. Evaluasi diri sendiri dengan menggunakan 12 karakteristik kepribadian sehat menurut Elizabeth B. Hurlock!
MK. Pemikiran Modern dalam Islam
  1. Uraikan tahap-tahap gerakan dan pemikiran puritanisasi dan pembaharuan di dalam Islam!
  2. Jelaskan pemikiran Muhammad bin Abdul Wahab dan hubungan Patron Klien dengan Abdullah Ibnu Sa'ud dalam mewujudkan pemikirannya itu!
  3. Jelaskan ide dan gagasan Napoleon Gonaparte yang dibawa ke Mesir dan implikasinya terhadap pemikiran para pembaharu Mesir!
  4. Jelaskan hubungan antara riwayat hidup Muhammad Ali Pasha dengan ide dan gagasan pembaharuannya dalam bidang militer, sosial, dan pendidikan!
  5. Uraikan persamaan dan perbedaan gerakan dan pemikiran Muhammad Abduh dan Rasyid Ridho disertai faktor-faktor yang mempengaruhinya!
MK. Dasar-Dasar Filsafat
  1. Kemukakan langkah-langkah rekonsiliasi antara filsafat dan agama yang dilakukan oleh Al Kindi!
  2. Uraikan filsafat negara menurut Al Farabi dan implikasinya terhadap pemikiran kenegaraan di Indonesia!
  3. Bandingkan filsafat jiwa menurut Ibnu Sina dengan filsafat jiwa menurut Al Kindi dan Al Farabi!
  4. Kemukakan kritik saudara terhadap pemikiran kosmologi para filsuf muslim dengan menjadikan agama sebagai ukurannya!
  5. Kemukakan kritik saudara tentang pemikiran filosofis tentang ketuhanan dan kenabian yang saudara anggap ingkar Allah dan ingkar nabi!
MK. Ilmu Pendidikan Islam
  1. Uraikan  makna 5 istilah yang mengandung arti pendidikan dalam Islam serta implikasinya terhadap tujuan, kurikulum, strategi, dan evaluasi dalam pendidikan Islam!
  2. Uraikan 5 pendapat para ahli mengenai tujuan pendidikan Islam lalu kemukakan pendapat saudara!
  3. Kemukakan 4 elemen kurikulum dan hubungannya dengan sumber dan media pembelajaran!
  4. Kemukakan asas dan prinsip serta macam-macam metode dalam pendidikan Islam!
  5. Bandingkan sistem evaluasi dalam pendidikan Islam dengan standar penilaian hasil belajar di Indonesia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar