Kamis, 08 November 2012

AIK I BAB X



BAB X
MUHAMADIAH DAN BERBAGAI ALIRAN
DALAM DUNIA ISLAM

Kedudukan muhammadiyah muhammadiyah terhadap aliran aliran dan paham yang terdapat dalam dunia islam. Dikalangan umat islam ada dua golongan yang timbul akibat pemahaman yang berbeda. bahasanya, yaitu :
1.        paham yang sumber pemahamanya berdasarkan Aqidah atau kita kenal dengan istilah FIRQOH
2.        paham yang sumber pemahamanya berdasarkan furu'iyah/ubudiyah atau disebut paham MADZHAB

A.      Aliran yang berhubungan dengan masalah aqidah (firqoh) diantamnya:
1.       Firqoh Syi’ah
Ketika rosulullah wafat timbul perselisihan diantara masyarakat pada waktu itu mengenai kekhalifahan (kepala pemerintahan) singkatnya pada waktu itu sudah terpilih Abu Bakar sebagai khalifah pertama dan Umar khalifah kedua dan Usman khalifah ketiga di tengah-tengah perselisihan tersebut munculah isu bahwa yang pantas mcnggantikan rasulullah adalah Ali bin Abi Tholib, isu tersebut terus di lontarkan kepada masyarakat oleh Abdullah bin Saba sehingga sebagian besar masyarakat mempercayainya. Setelah masyarakat percaya Abdullah bin Saba mulai mengeluarkan pitnahnya bahwa Abu Bakar, Umar dan Usman. Usman telah berbuat dosa besar yaitu merebut ke Khalifahan milik Sayidina Ali para pengikut ajaran Abdullah bin Saba mengelompok dalam satu aliran yang bernama Syi’ah.
2.       Firqoh Khawarij
Sebab terbentuknya firqoh ini adalah ketika Ali bin Abu Tholib menjadi Khalifah meggantikan Usman bin Affan diantara keluarga Usman menyangka bahwa kematian Usman didalangi oleh Ali untuk merebut pemerintahan, dari peristiwa tersebut terjadilah pemberontakan terhadap pemerintahan Ali, dari keluarga Usman dibantu oleh Muawiyah gubernur Basroh dan Dan Amru Bin as, berlarut-larutlah pertengkaran antara pemerintah Ali dengan keluarga Usman karena semakin lama keluarga Usman diambang kekalahan, maka pihak muawiyah mengadakan usul untuk mengadakan perdamaian, terkenalah dengan perdamaian TAHKIM ternyata ini perdamaian tersebut banyak menguntungkan pihak muawiyah sehingga ektrim pengikut merasa tidak setuju dan mereka keluar dari golongan Ali, golongan ini terkenal dengannama Khawarij.
3.       Mutajilah
Sebab terbentuknya golongan ini yaitu adanya perbedaan pendapat di perguruan Basroh antara Hasan basri dan muridnya yaitu Wasil bin Atha .mengenai masalah "bagaimana hukumnya orang mukmin yang berbuat dosa besar apakah ia tetap mukmin atau kafir" menurut wasil orang tersebut bukan mukmin dan bukan kafir tetapi bidah, pendapat tersebut bertentangan dengan ajaran sebagian masyarakat Islam, Basroh. Sehingga Wasil diasingkan dari Basroh dari kejadian tersebut maka lahirlah Firqoh Muutajilah.
4.       Firqoh Kodariah
Paham sekelompok umat Islam yang berpendapat bahwa qadar dan taqdir itu tidak ada golongan yang sangat mengagungkan ikhtiar diri manusia sendiri dikenal sebagai firqoh qodariah.
5.       Firqoh Jabariah
Sebaliknya dari kodariah berpendapat bahwa allah berkuasa atas segalanya. Manusia semisal bulu yang ditebarkan angin kemana bertiup kesana pula ia ikut terbang. Golongan ini terkenal dengan nama Jabariah.
6.       Ahlus-sunah Wal jama'ah
Pendiri Aliran ini adalah Abu Al-Hasan Ali Bin Ismail Al Asy'ari behau dididik di perguruan mutajilah yang dipinpin oleh Ali Al Jubani sampai umur 40 tahun namun sesudah umur tersebut asy'ari memisahkan diri dengan tujuan untuk memperbaiki ajaran yang salah akhirnya asy'ari mengembangkan ajarannya, yang dikenal dengan ASY'ARIYAH pahamnya di akui oleh banyak umat islam sehingga namanya berubah menjadi Ahlus Sunah Wal Jama'ah.
Ahmadiyah :
Aliran ini didirikan mulai tahun 1888 M, pendirinya adalah Mirja Glam Ahmad. Ketika pendiri ajaran ini meninggal maka timbulah perselisihan diantara murid dan pengikutnya. Puncak perselisihan tersebut timbulnya dua golongan yaitu:
a. Jamaah ahmadiyah
Jamaah ini kita kenal dengan ahmadiyah kodian golongan ini berpendapat bahwa. Mirja Glam Ahmad sebagai nabi karena ajaran ini bertentangan maka sebagian umat Islarn menuduh bahwa aliran ini adalah aliran luar Islam dan sesat.
b.       Gerakan ahmadiyah
Terkenal dengan sebutan Ahmadiyah Lahore, menurut ajaran ini Mirja Gulam ahmad bukan seorang nabi tapi hanya seorang mujaddid atau pembaharu. Aliran ini kebanyakan hampir sama yang membedakan bahwa aliran ini menganggap bahwa Mirja adalah sebagai Muhadats.
B.      Aliran yang berhubungan dengan masalah furu (Mazhab)
sejarah pertumbuhan mazhab.
Pada jaman Tabi'in wilayah umat Islarn sangat luas dan berkembang sangat pesat dan ulama tersebar ke seluruh daerah karena hubungan anara mereka sulit maka bermunculan masalah-masalah baru.akibatnya menimbulkan berbagai pendapat yang kadang-kadang amat jauh perbedaanya, disebabkan karena banyaknya hadits palsu yang dikeluarkan oleh non muslim dan tidak semua lama mengetahui hadits shoheh. Faktor inilah yang menimbulkan berbagai paham, selanjutnya diikuti oleh muridnya sehingga timbul bermacam-macam madhab. Diantaranya yang kita, kenal :
a.        Mazhab Hanafi dinisbatkan kepada imam Abu hanifah An Numan ibnu Tsabil al Kupi
b.       Mazhab Maliki dinisbatkan kepada imam Malik bin Anas
c.        Mazhab syafi'i dinisbatkan kepada imam Muhamad Ibnu Idris As Syafi’i
d.       Mazhab Hambali dinisbatkan kepada imam Ahmad bin Hambali
selain yang empat mazhab ini masih ada yang lain seperti imam mazhab Laits, Dhairi dan Ibnu jarir.
Sebab hanya empat mazhab ini yang di terima oleh masyarakat karena faham tersebut dicatat dan dibukukan oleh muridnya yang berpengaruh di tempatnya. Dan pengaruh pejabat pemerintah yang mengikuti ajaran tersebut dan oleh mereka disebarkan.
Pandangan muhammadiyah terhadap mazhab, apabila berselisih kembalilah kepada al qur'an dan andai kata mengambil selain hukum allah pastilah mereka akan berpecah, dan barang siapa yang berijtihad benar maka mereka mendapatkan dua pahala dan kalau salah mendapat satu pahala.
Muhammadiyah dan Ahli sunah Wal jama'ah berpegang teguh kepada al-qur'an dan hadits dan beriman kepada allah dan qadla seta qadar Allah meyakini bahwa al-qur'an adalah firman allah, maka jelas Muhammadiyah adalah termasuk golongan Ahlus sunah wal Jama'ah

3 komentar: