MK. Pendidikan Nilai dan Pengembangan Kepribadian
- Kemukakan pengertian nilai dan kepribadian menurut para ahli serta hubungan antara keduanya menurut Spranger!
- Uraikan elemen dan struktur kepribadian menurut Elizabeth B. Hurlock dan implikasinya terhadap pendidikan nilai!
- Uraikan karakteristik kepribadian sehat dan cara mengembangkannya!
- Kemukakan lima metode pendidikan nilai disertai langkah masing-masing untuk mengembangkan lima akhlakul karimah (ikhlas, sabar, jujur, berani, dan rendah hati)!
- Evaluasi diri sendiri dengan menggunakan 12 karakteristik kepribadian sehat menurut Elizabeth B. Hurlock!
- Uraikan tahap-tahap gerakan dan pemikiran puritanisasi dan pembaharuan di dalam Islam!
- Jelaskan pemikiran Muhammad bin Abdul Wahab dan hubungan Patron Klien dengan Abdullah Ibnu Sa'ud dalam mewujudkan pemikirannya itu!
- Jelaskan ide dan gagasan Napoleon Gonaparte yang dibawa ke Mesir dan implikasinya terhadap pemikiran para pembaharu Mesir!
- Jelaskan hubungan antara riwayat hidup Muhammad Ali Pasha dengan ide dan gagasan pembaharuannya dalam bidang militer, sosial, dan pendidikan!
- Uraikan persamaan dan perbedaan gerakan dan pemikiran Muhammad Abduh dan Rasyid Ridho disertai faktor-faktor yang mempengaruhinya!
- Kemukakan langkah-langkah rekonsiliasi antara filsafat dan agama yang dilakukan oleh Al Kindi!
- Uraikan filsafat negara menurut Al Farabi dan implikasinya terhadap pemikiran kenegaraan di Indonesia!
- Bandingkan filsafat jiwa menurut Ibnu Sina dengan filsafat jiwa menurut Al Kindi dan Al Farabi!
- Kemukakan kritik saudara terhadap pemikiran kosmologi para filsuf muslim dengan menjadikan agama sebagai ukurannya!
- Kemukakan kritik saudara tentang pemikiran filosofis tentang ketuhanan dan kenabian yang saudara anggap ingkar Allah dan ingkar nabi!
- Uraikan makna 5 istilah yang mengandung arti pendidikan dalam Islam serta implikasinya terhadap tujuan, kurikulum, strategi, dan evaluasi dalam pendidikan Islam!
- Uraikan 5 pendapat para ahli mengenai tujuan pendidikan Islam lalu kemukakan pendapat saudara!
- Kemukakan 4 elemen kurikulum dan hubungannya dengan sumber dan media pembelajaran!
- Kemukakan asas dan prinsip serta macam-macam metode dalam pendidikan Islam!
- Bandingkan sistem evaluasi dalam pendidikan Islam dengan standar penilaian hasil belajar di Indonesia!